Kamis, 01 Oktober 2020

Liga 1 Ditunda



Merumput, edisi 28 September 2020, diisi dengan rasa optimisme karena Liga 1 dan Liga 2, sesuai rencana akan digulirkan kembali mulai bulan Oktober 2020. Dalam siaran kali ini, salah satu pertandingan Liga 1 yang menjadi bahasan, yaitu pertandingan antara PSM Makassar versus Persib, yang sedianya digelar 4 Oktober mendatang di Yogyakarta.

Bersemangat pokoknya, karena sejak bulan Maret, sepakbola Indonesia berhenti, dan berangsur kembali setelah timnas U-16 dan U-19, melakukan Training Centre, namun tetap Liga 1 dan 2 adalah yang dinanti. Diakhir acara, bahkan pendengar diajak berdoa 😢, agar liga bisa kembali dijalankan.

Namun selepas siaran Merumput, barulah terkuat fakta yang menyakitkan penggemar sepakbola. Liga 1 dan 2 DITUNDA karena tidak ada izin dari Polri. Duar!!! hancur sudah harapan. Meskipun Ketua Umum PSSI mengumumkan bahwa ditunda selama 1 bulan dan akan dimulai bulan November, tapi rasa pesimis sudah muncul. Lagipula untuk apa memulai kembali Liga dibulan November, lebih baik menggelar musim baru saja.

Persiapan Liga 1 dan 2, sudah dilakukan berbulan - bulan. Beberapa prosedur sudah disiapkan, diantaranya pemain, pelatih wajib tes swab 2 minggu sekali, pertandingan tidak boleh dihadiri penonton, bus untuk keperluan tim bertandang disiapkan, sampai tandatangan kesepakatan dengan Satgas Penanganan Covid - 19 Nasional pun telah dilakukan. Lantas kenapa ditunda?

Alasan liga ditunda adalah karena jumlah kasus covid - 19 akhir - akhir ini naik. Well, ini memang benar, datanya ada. Tapi disisi lain, jumlah kesembuhan pun sempat mencetak rekor dalam beberapa hari terakhir. 
 
Kemudian, PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru pun, sudah mengadopsi berbagai protokol kesehatan, salah satunya dari Bundesliga atau Liga Jerman. Pelaksanaan liga sepakbola di eropa pun bukan tanpa masalah, ada satu atau dua pemain yang terjangkit covid- 19, tapi itu tidak menghentikan kompetisi.
 

Sayangnya di Indonesia, belum dimulai sudah ditunda. Padahal berputarnya kompetisi olahraga merupakan sesuatu yang diperlukan, karena dimasa pandemi covid - 19, semuanya butuh penyemangat. Butuh tanda kebangkitan. Olahraga bisa menjadi salah satunya.