Selasa, 20 Oktober 2020

Liga 1 Terancam Batal


Merumput edisi 19 Oktober 2020

Kelanjutan Liga 1 musim 2020 belum dapat dipastikan. Selepas PSSI, PT. LIB dan klub bertemu pada 13 Oktober 2020 lalu dengan hasil menyepakati kompetisi kembali dilanjutkan pada bulan November, muncul kabar lain yang menyebutkan bahwa pihak Polri tetap tidak akan mengeluarkan izin. Selain karena angka penyebaran covid - 19 masih tinggi, agenda Pilkada juga sudah didepan mata. Lantas apakah liga dapat berjalan pada 1 November mendatang? .

Rasanya sangsi. Karena jika merujuk pada pelaksanaan Pilkada maka kemungkinan liga baru bisa dilanjutkan pada pertengahan atau akhir Desember. Sudah sangat telat. Bisa saja liga dimulai Januari 2021, namun jika begitu, kenapa tidak memulai liga musim baru saja.

Melihat pada pelaksanaan liga diberbagai negara ditengah pandemi covid - 19, maka sebetulnya ada 2 opsi yang bisa dilakukan untuk menjalankan kompetisi namun tetap dalam pengawasan dan protokol kesehatan ketat.

Pertama, mengingat  sebentar lagi tahun 2021, bisa saja PSSI dan PT. LIB, tentunya atas persetujuan klub, menyelesaikan musim ini dengan sistem setengah kompetisi. Sehingga setiap klub tinggal menyelesaikan sisa pertandingan diputaran pertama saja dan liga selesai. Lebih singkat dan tidak bertele - tele. Contoh seperti yang dilakukan oleh Liga Malaysia yang saat ini sedang mempersiapkan musim kompetisi baru selepas melanjutkan liga yang sebelumnya terhenti karena pandemi.

Kedua, menggunakan sistem bubble. Sistem ini akan digunakan oleh Liga Sepakbola Filipina dan sebelumnya dilakukan oleh MLS dan NBA. Semua klub dikumpulkan dalam satu kompleks yang sama, bertanding dilapang sama, menginap ditempat sama, hingga musim kompetisi selesai. 

Memang dengan 18 klub Liga 1 dan jumlah yang lebih banyak di liga 2, tentunya akan ada kesulitan jika hanya menggunakan satu tempat. Tetapi kenapa tidak, misal 18 klub Liga 1, dibagi 2 grup. Masing - masing grup punya tempat bertanding dan menginap yang telah ditentukan. Bikin saja kompetisinya lebih singkat. Misal pada akhirnya dari masing - masing grup, juaranya dipertandingkan dibabak final. Perubahan format kompetisi ditengah pandemi sudah banyak dicontohkan negara lain dan tidak mengundang teguran apapun dari FIFA.

Kedua opsi tersebut bisa dilakukan dan mungkin lebih selaras dengan protokol kesehatan. 

Pagi ini (20/10) muncul berita bahwa PSSI akan segera berkoordinasi dengan Polri dan salah satu klub sudah kembali berlatih. Ditengarai ini merupakan sinyal positif, liga akan dilanjutkan dibulan November. Tetapi kemudian, muncul lagi berita, bahwa kapan koordinasi tersebut dilakukan belum dapat dipastikan. Jadi?? GALAU BERSAMA !!!